Warna Merah Ketika Imlek

Sudah bukan rahasia umum lagi, ketika dunia menyambut perayaan imlek hal pertama yang terlihat di lingkungan sekitar adalah warna merah. Baik itu baju merah, bunga merah, hiasan warna merah, angpao merah dan lainnya.

Tapi tahukah kamu, alasan di balik warna merah ketika imlek ? Konon ceritanya dahulu kala terdapat seekor monster yang saat itu sangat di takuti oleh warga di Tiongkok di karenakan suka merusak dan memakan tanaman, ternak dan juga anak kecil. Monster ini bernama Nian.

Nian berbentuk seperti seekor singa yang memilik tubuh seperti banteng. Tiga hal yang di takuti oleh Nian adalah suara bising, api dan warna merah. Karena tiga hal tersebut, Nian dapat dikalahkan. Oleh karena itu, warna merah di anggap membawa kemujuran bagi rakyat Tiongkok.

Untung kita hidup di zaman sekarang, yang hanya perlu kita lakukan hanyalah memakai warna merah.

Lampion berwarna merah seringkali digantung di depan rumah – rumah warga. Dipercaya dengan menggantu lampion tersebut, dapat menangkal nasib buruk.

Tetapi, warna merah yang paling di tunggu – tunggu ketika imlek adalah Angpao yang berisi uang. Angpao yang di berikan untuk anak kecil dipercaya dapat mengusir roh jahat sedangkan angpao di berikan kepada para lajang agar para lajang tersebut enteng jodoh. Angpao juga biasanya di berikan oleh orang yang sudah berkeluarga, anggapan ini dikarenakan, orang Tiongkok percaya bahwa orang yang sudah berkeluarga merupakan orang yang sudah berkecukupan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.