Suka Minum Kopi, Ketahui Batas Konsumsi Kafein Sehari

Kebiasaan umum masyarakat Indonesia adalah ngopi. Ya, secangkir kopi bisa menjadi penyemangat sebelum memulai aktivitas rutin. Ternyata konsumsi kopi yang dianggap sebagai mood booster pun wajib Anda batasi setiap hari. Dampak buruk mengkonsumsi kafein berlebihan bisa membuat Anda sering mengalami kegugupan, sakit perut, diare, gelisah berkepanjangan, gangguan tidur dan peningkatan detak jantung. Lalu, berapa batas mengkonsumsi kafein sehari?

Batas konsumsi kafein yang dianjurkan dalam satu hari

Berdasarkan penelitian FDA, rekomendasi batas konsumsi kafein sehari orang dewasa adalah 400 miligram saja. Kalau Anda suka mengkonsumsi kopi setiap saat, batas konsumsi kopi berkisar 4-5 cangkir. Wanita hamil dan menyusui memang tidak disarankan mengkonsumsi kopi. Kalau Anda termasuk wanita yang tidak bisa lepas dari kafein, konsumsi kopi hanya berkisar 200 miligram atau kurang setiap hari.

Kopi bisa mempengaruhi seseorang berbeda dengan orang yang lain. Tergantung jenis dan cara penyajian kopi agar bisa mendapatkan manfaatnya. Apa saja manfaat mengkonsumsi kopi dalam batasan yang dianjurkan? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Manfaat mengkonsumsi kopi yang wajib Anda ketahui

Suka Minum Kopi, Ketahui Batas Konsumsi Kafein Sehari Berikut, Yuk

Batas mengkonsumsi kopi sehari sudah diuraikan untuk meminimalisir risiko buruk seperti kecemasan. Namun, Anda juga harus tahu bahwa kopi bisa memberikan manfaat tersendiri lho!

1. Mengkonsumsi kopi bisa menurunkan risiko terkena penyakit Parkinson, diabetes tipe 2 serta penyakit hati.

2. Bisa meningkatkan fungsi otak dengan baik.

3. Mengandung 1,8 gram serat sehingga membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sangat direkomendasikan untuk orang yang menjalani program penurunan berat badan secara signifikan.

4. Mengkonsumsi kopi membantu meningkatkan energi, suasana hati dan ingatan dengan baik. Minum kopi bisa memberikan pengalaman santai yang rileks dan menetralisir semua stress.

Batas mengkonsumsi kafein sehari harus diperhatikan agar tubuh tetap bisa mentoleransinya. Kelebihan kafein akan membuat seseorang lebih rentan terkena risiko penyakit jantung dan stroke. Anda bisa mengganti kebiasan minum kopi dengan teh herbal yang lebih menyehatkan. Namun, Anda yang merasa kopi sebagai penunjang semangat setiap hari, tetap berikan batas asupan agar hidup tetap sehat ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *