Panas di Tangan Ketika Mengolah Cabai

Olahan Cabai adalah salah satu pendamping makanan yang dapat meningkatkan nafsu makan dan menggugah selera. Olahan Cabai biasanya di buat dengan cara di ulek, digiling, ditumbuk, diblender dan lainnya. Hal yang paling kita benci ketika mengolah cabai yaitu rasa panas di tangan yang ditimbulkan akibat mengolah cabai tersebut. Jadi, cabai tidak hanya membuat perut terasa panas ya guys tetapi tangan juga.

Hal apa yang membuat cabai terasa panas di tangan dan di perut? Capsaicin adalah senyawa kimia yang terkandung di dalam cabai yang menimbulkan efek terasa panas atau terbakar pada tangan atau perut. Capsaicin dapat merangsang dan memperangkap reseptor rasa sakit sehingga reseptor ini menjadi aktif. Ketika reseptor ini aktif, rasa panas dan terbakar akan timbul.

Untuk menghilangkan rasa panas ditangan ada beberapa cara yang dapat dilakukan, yaitu :

Gunakan sabun pencuci piring

Kenapa sabun pencuci piring? sabun pencuci piring mempunyai efek yang dapat lebih mudah membersihkan minyak di bandingkan dengan sabun pencuci tangan. Jadi, ketika tangan terasa panas, segeralah cuci dengan sabun pencuci piring.

Gosok tangan menggunakan minyak zaitun

Minyak zaitun selain merupakan sumber lemak baik untuk tubuk , Namun dapat juga menghilangkan zat capsaicin yang ada di tanga. Caranya cukup mudah, kita tinggal menggosok minyak zaitun ke tangan kita dan diamkan bebera menit setelah itu bilas dengan air bersih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *