Kata – kata serapan Bahasa Mandarin yang di gunakan dalam Bahasa Indonesia

Seperti yang kita ketahui. Indonesia merupakan salah satu negara multikultural terbesar di dunia sehingga tidak memungkiri keberagaman bahasa dan budaya yang di miliki oleh Indonesia. Salah satunya Bahasa Mandarin yang dulu sering digunakan dalam perdagangan bumi pertiwi ini.

Berikut ini beberapa kata yang sering di gunakan di Indonesia yang merupakan serapan dari Bahasa Mandarin.

Baso

Bakso merupakan kata yang berasal dari bahasa Hokkian yaitu Bak yang berarti daging dan So yang berarti bola. sehingga jika di artikan di bahasa Indonesia Bakso berarti bola daging. Bakso sendiri di serap menjadi bahasa Indonesia yaitu baso.

Loteng

Loteng merupakan kata yang berasal dari bahasa Hokkian yaitu Lauteng .

Beca / Becak

Beca / Becak yang merupakan alat transportasi tradisional Indonesia berasal dari kata Be Chia yang berarti Kereta kuda yang terdiri dari kata Be(kuda) dan Chia(kereta).

Cakwe

Cakwe makanan yang gampang kita jumpai baik di gerobak – gerobak maupun di warung kopi di Indonesia. Cakwe sendiri berasal dari kata Cia yang berarti hambar dan koi yang berarti kue sehingga Cakwe sendiri berarti kue hambar.

Capcai

Capcai, makanan Chinese food  yang sekarang gampang kita temui di abang – abang penjual pinggir jalan. Capcai sendiri merupakan makanan yang terdiri dari berbagai macam sayuran. Capcai berasal dari kata Cap yang berarti sepuluh dan Cai yang berarti sayuran sehingga Capcai dapat di artikan 10 macam sayuran yang dibuat menjadi sebuah menu makanan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.