Mengulik Seputar Mumi Mesir Kuno

Pernahkah dari kalian  menonton film the Mummy. Nah dalam film tersebut diceritakan pada zaman mesir kuno merek mengawetkan tubuh manusia dengan cara di balsam. Terbukti bahwa proses pengawetan ini bisa bertahan hingga ribuan tahun dan memang menjadi ciri khas bangsa Mesir kuno serta proses pengawetan ini dulu hanya berlaku pada para bangsawan dan para raja.

Guy, Pernah tidak terbayang dalam pikiran kalian bagaimana proses sehingga mumi – mumi ini bisa bertahan sangat lama. Nah beberapa uraiannya.

Proses pengeluaran organ otak

Para jasad atau mayat yang akan di mumikan sebelumnya dilakukan pengeluaran otak oleh para spesialis yang memang sudah terpercaya. Adapun caranya mengeluarkan otak dengan alat pencongkel khusus. Pertama – tama mereka membuka tengkorak mayat tersebut kemudian setelah dikeluarkan isi otak kemudian para spesialis tersebut harus mengembalikan lagi.

Pengeluaran organ-organ tubuh

Pada proses ini para spesialis mengeluarkan isi organ tubuh seperti hati, jantung, paru – paru, usus, isi perut dan lain – lain. Tujuannya adalah supaya pada saat pembungkusan tubuh sang mumi tidak mengalami pembusukkan.

Tahap pengawetan mayat 

Proses ini adalah proses mencuci bagian tubuh sang mumi dengan sari anggur fermentasi dan cairan natron . Tujuan dari memberikan cairan tersebut adalah untuk mempercepat proses pengeringan sang mumi. setelah tahap pengawetan ini maka akan dilanjutkan dengan mendiamkan sang mumi  selama 40 hari agar semua cairan dapat menyatu dengan jasad.

Tahap pembalutan mayat

Setelah  melewati tahap diata maka para mumi siap di balut dengan beberapa lembar kain linen. serta peti mati yang melambangkan jabatan atau golongan angsawan sang mumi.

CategoriesUncategorised

Leave a Reply

Your e-mail address will not be published. Required fields are marked *